THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Jumat, 04 Desember 2009

MEMBEDAH KISI-KISI SOAL UASBN 2008/2009
(Bagian 1)

Oleh : Nanang Rijono

UASBN TAHUN 2008/2009 sebagaimana yang ditetapkan dalam Peraturan Mendiknas No. 82 Tahun 2008 dilengkapi dengan kisi-kisi soal UASBN. Ini merupakan sebuah langkah maju dan elegan untuk “mendongkrak” nilai UASBN agar bisa mencapai criteria kelulusan yang telah ditetapkan.

Dalam UASBN Tahun 2007/2008 sebagaimana ditetapkan dengan Peraturan Mendiknas No. 39 tahun 2007, Depdiknas belum menetapkan kisi-kisi soal UASBN. Depdiknas hanya menetapkan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) UASBN SKL UASBN 2007/2008 hanya memuat Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dan Uraiannya. Sedangkan pada UASBN 2008/2009, Depdiknas sudah menetapkan Kisi-kisi Soal UASBN, yang memuat SKL, Kemampuan yang Diuji, dan Indikatornya.
Dengan adanya Kisi-kisi soal UASBN ini, maka guru akan menjadi lebih mudah dalam membuat soal prediksi untuk menghadapi UASBN 2008/2009.

MANFAAT KISI-KISI SOAL UASBN
Sepintas Kisi-kisi soal UASBN hanya untuk kepentingan menghadapi UASBN. Memang ini adalah manfaat utama penyusunan kisi-kisi soal UASBN, yakni sebagai pedoman penyusunan soal ujian tulis untuk UN di SD. Dengan “mempelajari” kisi-kisi soal UASBN ini, penyusun soal dapat membuat paket-paket soal untuk berbagai kepentingan, dengan berbagai tingkat kesukaran, dan sebagainya. Guru yang mempelajari kisi-kisi soal, bisa memprediksikan materi soal apa dan pada kelas berapa materi soal itu diambil, sehingga bisa diketahui sebaran soal yang akan dibuat, apakah dari kelas IV, V atau VI SD, pada semester berapa, dan seberapa banyak masing-masing soal menurut kelas.
Untuk menghadapi UASBN 2008/2009 ini, kisi-kisi soal ini dapat dipakai untuk menyusun soal ujicoba (tryout) atau semacam tes daya serap siswa atau tes penempatan. Sehingga dapat diketahui seberapa besar tingkat penguasaan siswa secara umum, materi soal apa yang umumnya sudah dikuasai dan yang belum dikuasai siswa.
Namun ada manfaat lain dari kisi-kisi soal UASBN ini: Pertama, guru kelas IV, V atau VI mengetahui materi atau uraian materi apa dan pada semester berapa yang pada tahun ini muncul atau keluar dalam UASBN. Sehingga guru bisa menandai pada silabus dan RPP matapelajaran Bahasa Indonessia, Matematika, atau IPA bahwa KD dan indikator dalam matapelajaran tersebut keluar dalam ujian.
Kedua, guru bisa menambahkan indikator dalam kisi-kisi UASBN ke dalam silabus dan RPP mata pelajar, jika ternyata indikator dalam kisi-kisi UASBN tersebut belum ada, belum dibuat, atau perlu ditambahkan dalam silabus dan RPP untuk KD yang relevan. Ketiga, dalam pelaksanaan pembelajajran, jika guru sampai pada KD yang telah ditandai ada materi atau uraian materi tertentu pernah keluar dalam UASBN, atau pada indikator yang berasal dari kisi-kisi soal UASBN, maka guru bisa memberikan penekanan, latihan tambahan, atau pendalaman agar siswa dapat menguasai materi tersebut – karena materi tersebut keluar dalam ujian nasional tahun 2008/2009 yang lalu.
Manakala dalam beberapa kali UASBN guru sudah mengkaji kisi-kisi soal UASBN, maka akan diketahui kecenderungan SKL, Kemampuan yang Diuji, dan Indikator apa yang kerap dikeluarkan dalam ujian nasional. Sehingga guru bisa melakukan pembenahan terhadap Silabus, RPP dan kegiatan pembelajar di kelas pada tahun-tahun mendatang.

MEMBEDAH KISI-KISI SOAL UASBN
Setelah mempelajari kisi-kisi soal UASBN, guru selanjutnya perlu “membedah” kisi-kisi soal tersebut, untuk menemukan Kompetensi yang Diujikan dan Indikator tersebut berasal dari KD dan Kelas/Semester berapa dari mata pelajaran yang diujikan. Dengan demikian dapat diketahui “asal-usul” soal yang akan dibuat. Kolom SKL, Kemampuan yang Diuji dan Indikator berasal dari Permendiknas No. 82 Tahun 2008. Sedangkan Kolom KD dan Kelas/Semester dibuat oleh penulis. Kalau “mau”, setelah Kelas/Semester dapat ditambahkan kolom Butir-butir Soal, Kunci Jawaban, dan Nomor Urut Soal.
Berikut ini contoh Kisi-kisi soal UASBN yang telah penulis bedah. Namun dengan segala kerendahan hati, penulis mohon maaf apabila ternyata ketika penulis mencantumkan suatu KD dari suatu kelas/semester untuk sebuah indicator soal UASBN terdapat kekeliruan. Kekeliruan ini disebabkan, karena penulis tidak memiliki latar belakang Bahasa Indonesia, matematika apalagi IPA. Penulis juga tidak menguasai dengan baik materi pelajaran di SD sebagaimana para guru SD yang menurut saya mereka lebih menguasai dan ahli. Di samping penulis bekerja sendirian dalam membedah kisi-kisi soal UASBN, penulis melakukan pembedahan kisi-kisi ini di sela-sela waktu dan kegiatan penulis yang relatif padat. Sehingga kecermatan penulis sangat terbatas. Oleh karena itu, mohon para guru SD bisa melakukan pembedahan kisi-kisi sendiri, dengan melihat contoh yang sudah penulis buat.


PEMETAAN INDIKATOR DALAM SKLUASBN
DENGAN KOMPETENSI DASAR MATA PELAJARAN DI SD

MATA PELAJARAN UASBN : MATEMATIKA

NO SKL UASBN KEMAMPUAN YANG DIUJI INDIKATOR
(DALAM KISI-KISI) KOMPETENSI DASAR MATAPELAJARAN KELAS/
SMT
1 Menentukan hasil operasi hitung bilangan bulat, dan menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari Menentukan hasil operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pada
bilangan cacah 1.1 Mengidentifikasi sifat-sifat operasi hitung
IV/1
Menentukan hasil operasi hitung perkalian dan pembagian pada bilangan cacah 1.3 Melakukan operasi perkalian dan pembagian
IV/1
Menentukan hasil operasi hitung campuran pada bilangan bulat 1.4 Melakukan operasi hitung campuran
IV/1
Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan operasi hitung
penjumlahan dan pengurangan pada bilangan bulat 1.1 Mengidentifikasi sifat-sifat operasi hitung
IV/1
Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan operasi hitung
perkalian dan pembagian pada bilangan cacah 1.3 Melakukan operasi perkalian dan pembagian

5.4 Melakukan operasi hitung yang melibatkan berbagai bentuk pecahan IV/1

VI/2
Menentukan hasil operasi hitung bilangan pecahan dan menggunakan alam kehidup-an sehari-hari Menentukan hasil operasi hitung penjumlahan atau pengurangan
pecahan biasa dan campuran 6.3 Menjumlahkan pecahan
6.4 Mengurangkan pecahan
5.4 Melakukan operasi hitung yang melibatkan berbagai bentuk pecahan IV/2

VI/2
Menentukan hasil operasi hitung penjumlahan atau pengurangan
Pecahan desimal 5.2 Menjumlahkan dan mengurangkan berbagai bentuk pecahan
V/2

Menentukan hasil perkalian atau pembagian pecahan biasa dan
Campuran 5.3 Mengalikan dan membagi berbagai bentuk pecahan V/2

Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan operasi hitung
campuran bilangan pecahan (biasa, campuran, dan desimal) 5.1 Mengubah pecahan ke bentuk persen dan desimal serta sebaliknya
5.2 Menjumlahkan dan mengurangkan berbagai bentuk pecahan
5.3 Mengalikan dan membagi berbagai bentuk pecahan
V/2
Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan pen Menyelesaikan soal cerita yang di dalamnya menggunakan persen 5.4 Menggunakan pecahan dalam masalah perbandingan dan skala V/2
Menyelesaikan masalah yang menggunakan kelipatan per-sekutuan terkecil (KPK) Menentukan nilai KPK dari tiga bilangan dua angka 2.3 Menentukan kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dan faktor persekutuan terbesar (FPB) IV/1
Menyelesaikan soal cerita yang di dalamnya menggunakan 2.4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan KPK dan FPB IV/1
Menyelesaikan masalah yang menggunakan faktor per-sekutuan terbesar (FPB) Menentukan nilai FPB dari tiga bilangan dua angka 2.3 Menentukan kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dan faktor persekutuan terbesar (FPB) IV/1
Menyelesaikan soal cerita yang di dalamnya menggunakan FPB 2.4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan KPK dan FPB IV/1
Memecahkan masalah yang berkaitan dengan perban-dingan dan skala Menyelesaikan soal cerita yang menggunakan perbandingan 5.4 Menggunakan pecahan dalam masalah perbandingan dan skala
5.5 Memecahkan masalah perbandingan dan skala V/2

VI/2
Menyelesaikan soal cerita yang menggunakan perhitungan skala 5.4 Menggunakan pecahan dalam masalah perbandingan dan skala
5.5 Memecahkan masalah perbandingan dan skala V/2

VI/2
Menentukan hasil operasi hitung dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan akar pangkat dua dan pangkat dua Menentukan hasil operasi hitung pen-jumlahan atau pengurangan bilangan pangkat dua dan akar pangkat dua 1.4 Menghitung perpangkatan dan akar sederhana
V/1
Diketahui luas sebuah persegi, siswa dapat menghitung panjang sisinya 3.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas bangun datar V/1
2 Menentukan hasil operasi hitung yang berkaitan dengan satuan waktu, panjang, berat, luas, volume dalam pemecah-an masalah sehari-hari Menyelesaikan soal cerita sederhana yang berkaitan dengan operasi hitung penjumlahan atau pengurang-an satuan waktu yang berbeda 2.2 Melakukan operasi hitung satuan waktu
V/1
Menyelesaikan soal cerita sederhana yang berkaitan dengan penjumlahan atau pengurangan pada dua atau lebih satuan panjang yang berbeda 3.3 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan satuan waktu, panjang dan berat
IV/1
Menyelesaikan soal cerita sederhana yang berkaitan dengan operasi hitung dari beberapa satuan berat yang berbeda 3.3 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan satuan waktu, panjang dan berat
3.4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan satuan kuantitas IV/1
Menyelesaikan soal cerita sederhana yang berkaitan dengan operasi hitung dari beberapa satuan luas yang berbeda 3.4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan satuan kuantitas IV/1
Menyelesaikan soal cerita sederhana yang berkaitan dengan operasi hitung dari beberapa satuan volume yang berbeda
3.4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan satuan kuantitas IV/1
Memecahkan masalah yang berkaitan dengan jarak, kecepatan, dan waktu Menyelesaikan soal cerita sederhana yang berkaitan dengan jarak, kecepat-an, dan waktu 2.5 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan waktu, jarak, dan kecepatan V/1
3 Menentukan sifat dan unsur bangun geometri dua dimensi atau tiga dimensi serta menentukan hasil trans-formasi bangun datar Menentukan nama suatu bangun datar berdasarkan sifat-sifat bangun yang diketahui 6.1 Mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar
V/2
Menentukan banyaknya rusuk dari suatu gambar bangun ruang yang disajikan 6.3 Menentukan jaring-jaring berbagai bangun ruang sederhana
V/2
Menentukan hasil pencerminan dari gambar suatu bangun datar yang
Disajikan 8.3 Mengidentifikasi benda-benda dan bangun datar simetris
8.4 Menentukan hasil pencerminan suatu bangun datar IV/2
Menentukan hasil bayangan dari rotasi bangun datar dengan pusat
putaran ditentukan 8.3 Mengidentifikasi benda-benda dan bangun datar simetris
8.4 Menentukan hasil pencerminan suatu bangun datar IV/2
Menentukan sumbu simetri lipat dari gambar bangun datar yang disajikan 8.3 Mengidentifikasi benda-benda dan bangun datar simetris IV/2
Menentukan luas dan keliling serta pemecahan masalah yang berkaitan dengan luas dan keliling bangun datar Menentukan keliling dari gambar gabungan dua bangun datar yang
disajikan beserta ukurannya . 4.1 Menentukan keliling dan luas jajargenjang dan segitiga
4.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling dan luas jajargenjang dan segitiga IV1
Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan keliling bangun
Datar 4.1 Menentukan keliling dan luas jajargenjang dan segitiga
4.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling dan luas jajargenjang dan segitiga IV1
Menentukan luas dari gambar gabungan dua bangun datar yang
disajikan beserta ukurannya 3.1 Menghitung luas segi banyak yang merupakan gabungan dari dua bangun datar sederhana VI/1
Menentukan bentuk jaring-jaring bangun ruang Menentukan bentuk jaring-jaring kubus atau balok 8.2 Menentukan jaring-jaring balok dan kubus
IV2
Menentukan volume bangun ruang Menentukan volume dari gabungan dua bangun ruang sisi datar (balok dan kubus) yang disajikan beserta ukuran-nya 4.1 Menghitung volume kubus dan balok
4.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume kubus dan balok
V/1
Menentukan luas permukaan dari bangun ruang Menentukan luas permukaan bangun ruang sisi datar (kubus atau balok) dari gambar yang diberikan

4.1 Menghitung volume kubus dan balok
4.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume kubus dan balok
V-1
4 Menentukan letak titik pada bidang koordinat yang ber-hubungan dengan sifat bangun datar
Menentukan letak salah satu titik koordinat dari suatu bangun datar yg terletak pada diagram kartesius 6.3 Menentukan posisi titik dalam sistem koordinat Kartesius VI/2
5 Membaca dan menafsirkan unsur dalam diagram batang dan diagram lingkaran Menentukan salah satu unsur yang belum diketahui dari gambar diagram batang yang disajikan 7.1 Menyajikan data ke bentuk tabel dan diagram gambar, batang dan lingkaran
VI/2
Menentukan salah satu unsur yang belum diketahui dari gambar diagram lingkaran yang disajikan 7.1 Menyajikan data ke bentuk tabel dan diagram gambar, batang dan lingkaran
VI/2
Menghitung nilai rata-rata dan modus yang berkaitan dengan pemecahan masalah Menentukan nilai rata-rata dari sekumpulan data yang disediakan 7.2 Menentukan rata-rata hitung dan modus sekumpulan data VI/2
Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan modus dari sekumpulan data yang disediakan 7.2 Menentukan rata-rata hitung dan modus sekumpulan data
VI/2





KISI-KISI SOAL UASBN MATEMATIKA
Setelah dipetakan KD dan Kelas/Semesternya, Indikator dalam UASBN 2008/2009 terdiri atas 19 KD dari kelas IV, 14 KD dari kelas V, dan 10 KD dari kelas VI. Ini menunjukkan bahwa hal-hal mendasar (konsep dasar) matematika di SD yang pernah diberikan di kelas IV dan V banyak yang akan dikeluarkan dalam UASBN. Konsep-konsep dasar ini harus dikuasai dengan baik oleh siswa kelas IV yang akan menempuh ujian nasional tahun ini.
Biarpun sepintas jumlah KD di Kelas VI yang akan dikeluarkan dalam UASBN hanya sedikit, 10 KD saja, namun ternyata KD-KD terseb
Ut adalah seluruh KD yang ada di Kelas VI. Ini berarti, siswa harus menguasai seluruh materi pelajaran Matematika kelas VI. Sehingga guru, pada semester 2 ini, harus mengajarkan KD-KD Kelas VI semester 2, sambil membimbing siswanya mempersiapkan diri menghadapi UASBN dan melatih siswa untuk mengingat kembali konsep-konsep dasar matematika kelas IV dan V. Sungguh beban kerja yang tidak ringan – manakala tidak didukung oleh guru Kelas IV dan V dengan membuat siswa sudah menguasai konsep-konsep dasar matematika ketika mereka masih belajar di kelas IV atau kelas V.

CONTOH SOAL UASBN MATEMATIKA
Berikut ini beberapa contoh soal prediksi UASBN yang dapat dikembangkan dari kisi-kisi soal UASBN Matematika.
Soal 1 :
Kemampuan yang diuji : Menentukan bentuk jaring-jaring bangun ruang
Indikator : Menentukan bentuk jaring-jaring kubus atau balok
KD Mata pelajaran : 8.2 Menentukan jaring-jaring balok dan kubus
Kelas/Semester : IV/2
Butir Soal :
Gambar berikut ini yang bukan merupakan jaring-jaring kubus adalah ……….



Soal 2 :
Kemampuan yang diuji : Menghitung nilai rata-rata dan modus yang berkaitan dengan pemecahan masalah
Indikator : Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan modus dari sekumpulan data yang disediakan
KD Mata pelajaran : 7.2 Menentukan rata-rata hitung dan modus sekumpulan data
Kelas/Semester : VI/2
Butir Soal:
Berikut ini data banyak buku tulis yang dibawa oleh siswa kelas VI. 3 Siswa membawa 10 buku tulis. 7 Siswa membawa 11 buku tulis. 10 Siswa membawa 12 buku tulis. 6 Siswa membawa 13 buku tulis. 4 Siswa membawa 14 buku tulis. Modus nya adalah :
a. 7 b. 10 c. 12 d. 14


Soal 3 :
Kemampuan yang diuji : Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan persen
Indikator : Menyelesaikan soal cerita yang di dalamnya menggunakan persen
KD Mata pelajaran : 5.4 Menggunakan pecahan dalam masalah perbandingan dan skala
Kelas/Semester : V/2
Butir soal :
Hasil panen seorang petani 6 ton gabah basah. Ketika dijemur menjadi gabah kering giling ternyata beratnya susut 37,5%. Dari gabah kering giling, ketika digiling menjadi beras beratnya susut 33,33%. Berapa ton beras yang diperoleh petani tersebut?
a.


Catatan : Dalam menyusun soal-soal ini, penulis hanya mengambil dari contoh soal yang ada di dalam Buku Sekolah Elektronik (BSE) yang penulis download dari www.bse.depdiknas.go.id. Para guru SD dapat mengembangkan soal UASBN sesuai dengan kreativitas masing-masing dan sesuai kepentingan penyusunan: apakah untuk melatih siswa dalam bimbel menghadapi UASBN, atau untuk membuat soal prediksi, soal ujicoba, atau soal daya serap. Bisa saja bentuknya adalah pilihan ganda, sama dengan soal UASBN yang akan dilaksanakan pada awal Mei 2009 nanti. Atau dalam bentuk soal uraian, untuk melatih kemampuan siswa dalam menjawab soal dan menguasi konsep-konsep penting dalam KD yang diujikan. (Bersambung),





















MEMBEDAH KISI-KISI SOAL UASBN 2008/2009
(Bagian 2)

Oleh : Nanang Rijono



KISI-KISI SOAL UASBN IPA
Indikator-indikator dalam kisi-kisi soal UASBN setelah dipetakan ternyata ada beberapa yang memiliki dua buah KD dari dua kelas yang berbeda. Hal ini terjadi karena ada “penafsiran” terhadap ruang lingkup isi indikator pada kisi-kisi soal UASBN. Namun sebaran KD mata pelajaran IPA di SD kelas IV, V dan VI menurut indikator-indikator soal UASBN dpat dilihat dalam table berikut..


PEMETAAN INDIKATOR DALAM SKLUASBN
DENGAN KOMPETENSI DASAR MATA PELAJARAN DI SD

MATA PELAJARAN UASBN : IPA

NO SKL UASBN KEMAMPUAN YANG DIUJI INDIKATOR
(DALAM KISI-KISI) KOMPETENSI DASAR MATAPELAJARAN KELAS/
SMT
1 Menentukan ciri-ciri makhluk hidup tertentu Disajikan dua gambar hewan/ tumbuhan tertentu yang umum dikenal di suatu daerah, siswa dapat menentukan ciri khusus yang sama pada hewan/tumbuhan tersebut 1.1 Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan (kelelawar, cicak, bebek) dan lingkungan hidupnya
1.2 Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki tumbuhan (kaktus, tumbuhan pemakan serangga) dengan lingkungan hidupnya VI/1
Menentukan cara meng-golongkan makhluk hidup hewan/tumbuhan berdasar-kan ciri-cirinya Disajikan nama beberapa tumbuhan/ hewan dalam satu kelompok, siswa dapat menentukan dasar mengelom-pokkan dari tumbuhan/ hewan tersebut 1.1. Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan (kelelawar, cicak, bebek) dan lingkungan hidupnya
1.2. Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki tumbuhan (kaktus, tumbuhan pemakan serangga) dengan lingkungan hidupnya VI/1
Menentukan cara perkembang-biakan hewan/ tumbuhan Melalui gambar tumbuhan/hewan siswa dapat menentukan cara per-kembangbiakannya 2.3 Mengidentifikasi cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan
VI/1
Siswa dapat menentukan cara per-kembangbiakan yang cocok dari
hewan/tumbuhan yang umum dikenal, siswa 2.3 Mengidentifikasi cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan
VI/1
Menjelaskan manfaat hewan/ tumbuhan bagi kehidupan/ lingkungan Siswa dapat menentukan manfaat hewan/tumbuhan tertentu yang umum dikenal bagi manusia/ lingkungan 3.2 Mengidentifikasi bagian tumbuhan yang sering dimanfaatkan manusia yang mengarah pada ketidakseimbangan lingkungan VI/1
Siswa dapat menjelaskan akibat penggunaan bahan tertentu dari
hewan/ tumbuhan yang berlebihan 3.3 Mengidentifikasi bagian tubuh hewan yang sering dimanfaatkan manusia yang mengarah pada ketidakseimbangan lingkungan V1/1
Menjelaskan tujuan pelestarian hewan/ tumbuhan langka Siswa dapat menjelaskan tujuan pelestarian hewan/tumbuhan langka
di suatu daerah 4.2 Mendeskripsikan pentingnya pelestarian jenis makhluk hidup untuk perkembangan Ilmu Pengetahuan Alam dan kehidupan masyarakat


VI/1
2 Menjelaskan bentuk-bentuk interaksi yang terjadi antara makhluk hidup dan lingkung-annya (rantai makanan, komunitas, dan simbiosis) Disajikan pernyataan tentang hewan/ tumbuhan untuk memper-oleh kebutuhan hidup dari hewan/ tumbuhan lain, siswa dapat menentu-kan bentuk hubungan di antara mereka (simbiosis) 5.1 Membandingkan sifat kemampuan menghantarkan panas dari berbagai benda
VI/1
Siswa dapat menentukan rantai makanan yang cocok dalam
komunitas/ ekosistem tertentu 5.2 Membandingkan sifat kemampuan menghantarkan panas dari berbagai benda
VI/1
Siswa dapat menentukan hewan yang hidupnya sangat bergantung pada hewan/ tumbuhan lain 5.2. Menjelaskan alasan pemilihan benda dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan kemampuan menghantarkan panas VI/1
Menjelaskan bentuk dan fungsi alat tubuh mahluk hidup untuk penyesuaian diri terhadap lingkungannya Siswa dapat menjelaskan fungsi bentuk/ keadaan tubuh hewan atau
tumbuhan tertentu bagi kelang-sungan hidupnya 1.1. Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan (kelelawar, cicak, bebek) dan lingkungan hidupnya
1.2. Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki tumbuhan (kaktus, tumbuhan pemakan serangga) dengan lingkungan hidupnya VI/1
Disajikan empat bentuk cakar burung (elang, bebek, ayam, kakak-tua dll), siswa dapat menentukan bentuk cakar sesuai fungsinya 1.1. Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan (kelelawar, cicak, bebek) dan lingkungan hidupnya
1.2. Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki tumbuhan (kaktus, tumbuhan pemakan serangga) dengan lingkungan hidupnya VI/1
3 Mengidentifikasi bagian-bagian tubuh manusia/ tumbuhan Siswa dapat menentukan bagian kerangka manusia berdasarkan gambar 1.1 Mendeskripsikan hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya
IV/1
Menjelaskan proses dan fungsi pada alat indra, pernapasan, pencernaan dan peredaran darah pada manusia Disajikan gambar alat indra, siswa dapat menentukan fungsi bagian alat indra yang ditandai 1.3. Mendeskripsikan hubungan antara struktur panca indera dengan fungsinya
IV/1
Siswa dapat menjelaskan proses yang terjadi pada salah satu bagian alat pernafasan 1.1 Mengidentifikasi fungsi organ pernapasan manusia
V/1
Disajikan gambar alat pencernaan manusia, siswa dapat menentukan
fungsi zat yang dihasilkan pada bagian yang ditandai untuk proses
pencernaan
1.3 Mengidentifikasi fungsi organ pencernaan manusia dan hubungannya dengan makanan dan kesehatan
V/1
Siswa dapat menentukan urutan aliran darah pada salah satu sistem Peredar-an darah manusia berdasarkan gambar 1.4 Mengidentifikasi organ peredaran darah manusia
V/1
Menjelaskan fungsi organ pada manusia Siswa dapat menjelaskan fungsi organ pada tumbuhan 2.1 Mengidentifikasi cara tumbuhan hijau membuat makanan V/1
Menjelaskan manfaat zat makanan bagi kesehatan tubuh manusia Siswa dapat menjelaskan manfaat zat makanan tertentu bagi kesehatan
tubuh manusia 2.2 Mendeskripsikan ketergantungan manusia dan hewan pada tumbuhan hijau sebagai sumber makanan V/1
Mengidentifikasi jenis-jenis penyakit pada manusia dan cara pencegahannya Siswa dapat menjelaskan gejala/cara pencegahan salah satu jenis penyakit pada manusia 1.4. Menerapkan cara memelihara kesehatan panca indera
1.5 Mengidentifikasi gangguan pada organ peredaran darah IV/1

V/1
4 Menjelaskan berbagai jenis perubahan wujud benda Siswa dapat menyebutkan contoh benda yang dapat mengalami perubahan wujud tertentu (mencair, membeku, menguap, mengembun,
menyublim) 6.1 Mengidentifikasi wujud benda padat, cair, dan gas memiliki sifat tertentu
6.2 Mendeskripsikan terjadinya perubahan wujud cair padat  cair; cair  gas  cair; padat  gas IV/1
Menjelaskan kegunaan/ manfaat perubahan wujud benda dalam kehidupan Siswa dapat menjelaskan contoh pemanfaatan perubahan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari (mencair, membeku, menguap, mengembun, menyublim) 6.3 Menjelaskan hubungan antara sifat bahan dengan kegunaannya IV/1
Menjelaskan pengaruh perubahan suhu terhadap benda dalam kehidupan sehari-hari (pemuaian, pembakaran, pengeringan dll) Disajikan ilustrasi tentang suatu kegiatan, siswa dapat menjelaskan
pengaruh suhu terhadap kegiatan tersebut 5.1. Membandingkan sifat kemampuan menghantarkan panas dari berbagai benda.
5.2. Menjelaskan alasan pemilihan benda dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan kemampuan menghantarkan panas VI/1
Mengidentifikasi macam-macam perpindahan kalor Siswa dapat menjelaskan jenis per-pindahan kalor yang terjadi pada
suatu kegiatan/ peristiwa 5.1. Membandingkan sifat kemampuan menghantarkan panas dari berbagai benda.
VI/1
Menjelaskan konduktor dan isolator panas Disajikan gambar suatu alat, siswa dapat menentukan bagian alat yang
termasuk konduktor/isolator 6.2. Mengidentifikasi faktor-faktor yang menentukan pemilihan benda/bahan untuk tujuan tertentu (karet, logam, kayu, plastik) dalam kehidupan sehari-hari VI/1
5 Mengidentifikasi bentuk/ perubahan/manfaat /pengaruh energi dalam kehidupan sehari-hari Disajikan gambar alat/pernyataan yang berkaitan dengan energi, siswa
dapat mengidentifikasi bentuk energi yang digunakan/dihasilkan 8.1. Mendeskripsikan energi panas dan bunyi yang terdapat di lingkungan sekitar serta sifat-sifatnya
IV/2
Disajikan gambar percobaan/ pernyataan yang berkaitan dengan
cahaya, siswa dapat menyebutkan sifat cahaya dari gambar/pernyataan tersebut 6.1 Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya
6.2 Membuat suatu karya/model, misalnya periskop atau lensa dari bahan sederhana dengan menerapkan sifat-sifat cahaya V/2

Menjelaskan macam-macam energi alternatif Siswa dapat menyebutkan contoh-contoh energi alternatif 8.2 Menjelaskan berbagai energi alternatif dan cara penggunaannya IV/2
Menjelaskan macam-macam sumber energi yang dapat diperbarui dan yang tidak dapat diperbarui Disajikan macam-macam sumber energi, siswa dapat mengelompokkan sumber energi yang dapat diperbarui dan yang tidak 8.1. Mendeskripsikan energi panas dan bunyi yang terdapat di lingkungan sekitar serta sifat-sifatnya
8.1. Mengidentifikasi kegunaan energi listrik dan berpartisipasi dalam penghematannya dalam kehidupan sehari-hari IV/2


VI/2
Mengidentifikasi bentuk/ perubahan/manfaat/perubahan gaya dalam kehidupan sehari-hari Disajikan gambar kegiatan tertentu, siswa dapat menentukan jenis gaya yang dimanfaatkan 5.1 Mendeskripsikan hubungan antara gaya, gerak dan energi melalui percobaan (gaya gravitasi, gaya gesek, gaya magnet) V/2
Disajikan gambar salah satu pesawat sederhana, siswa dapat menentukan tenaga terbesar/terkecil pada kegiatan tersebut 5.2 Menjelaskan pesawat sederhana yang dapat membuat pekerjaan lebih mudah dan lebih cepat
V/2
Disajikan gambar/ilustrasi suatu kegiatan siswa dapat menentukan
jenis pesawat sederhana yang sesuai digunakan 5.2. Menjelaskan pesawat sederhana yang dapat membuat pekerjaan lebih mudah dan lebih cepat
V/2
Menjelaskan cara- cara/ manfaat penghematan energi bagi kehidupan sehari-hari Disajikan suatu kasus, siswa dapat menjelaskan cara-cara/manfaat peng-hematan energi tertentu 8.1. Mengidentifikasi kegunaan energi listrik dan berpartisipasi dalam penghematannya dalam kehidupan sehari-hari VI/2
6 Menjelaskan berbagai jenis/ kegunaan/pelestarian sumber daya alam Disajikan pernyataan tentang pe-manfaatan salah satu jenis sumber daya alam, siswa dapat menentukan jenis sumber daya alam yang digunakan 7.6 Mengidentifikasi peristiwa alam yang terjadi di Indonesia dan dampaknya bagi makhluk hidup dan lingkungan
7.7 Mengidentifikasi beberapa kegiatan manusia yang dapat mengubah permukaan bumi (pertanian, perkotaan, dsb) V/2
Siswa dapat menyebutkan salah satu kegiatan yang dapat merusak
kelestarian sumber daya alam 7.6 Mengidentifikasi peristiwa alam yang terjadi di Indonesia dan dampaknya bagi makhluk hidup dan lingkungan V/2
Disajikan suatu kasus, siswa dapat menentukan cara melestarikan sumber daya alam tersebut 7.7 Mengidentifikasi beberapa kegiatan manusia yang dapat mengubah permukaan bumi (pertanian, perkotaan, dsb) V/2
Menjelaskan berbagai macam/ dampak gejala alam Disajikan suatu peristiwa/gejala alam, siswa dapat menjelaskan dampak yang ditimbulkan 7.6 Mengidentifikasi peristiwa alam yang terjadi di Indonesia dan dampaknya bagi makhluk hidup dan lingkungan V/2
7 Mengidentifikasi susunan tata surya Menentukan urutan tata letak/ciri-ciri planet dalam tata surya 9.1 Mendeskripsikan sistem tata surya dan posisi penyusun tata surya VI/2
Menjelaskan akibat gerakan bumi/bulan Menjelaskan akibat gerakan bumi/ bulan terhadap kehidupan di bumi 9.2 Mendeskripsikan peristiwa rotasi bumi, revolusi bumi dan revolusi bulan VI/2
Menjelaskan akibat/manfaat gerakan bumi/bulan Menentukan gambar saat terjadi gerhana matahari/bulan 9.3 Menjelaskan terjadinya gerhana bulan dan gerhana matahari VI/2
Menentukan jumlah hari berdasarkan penanggalan Masehi/Komariah 9.4 Menjelaskan perhitungan kalender Masehi dan kalender Hijriah VI/2



CONTOH SOAL UASBN IPA
Berikut ini beberapa contoh soal prediksi UASBN yang dapat dikembangkan dari kisi-kisi soal UASBN IPA.
Soal 1 :
Kemampuan yang diuji : Menjelaskan macam-macam energi alternatif
Indikator : Siswa dapat menyebutkan contoh-contoh energi alternatif
KD Mata pelajaran : 8.2 Menjelaskan berbagai energi alternatif dan cara penggunaannya
Kelas/Semester : IV/2
Butir Soal:
Contoh pemanfaatan energi alternatif adalah . . . .
a. memasak dengan kompor minyak tanah
b. menggunakan solar untuk bahan bakar mobil
c. menggunakan alat pemanas air energi matahari
d. mengeringkan ikan asin dengan oven

Soal 2 :
Kemampuan yang diuji : Menentukan ciri-ciri makhluk hidup tertentu
Indikator : Disajikan dua gambar hewan/ tumbuhan tertentu yang umum dikenal di suatu daerah, siswa dapat menentukan ciri khusus yang sama pada hewan/tumbuhan tersebut
KD Mata pelajaran : 1.1. Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan (kelelawar, cicak, bebek) dan lingkungan hidupnya. 1.2. Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki tumbuhan (kaktus, tumbuhan pemakan serangga) dengan lingkungan hidupnya
Kelas/Semester : VI/1
Butir Soal :
Tumbuhan dengan tangkai berongga udara adalah :





Soal 3 :
Kemampuan yang diuji : Menjelaskan proses dan fungsi pada alat indra, pernapasan, pencernaan dan peredaran darah pada manusia
Indikator : Siswa dapat menjelaskan proses yang terjadi pada salah satu bagian alat pernafasan
KD Mata pelajaran : 1.1. Mengidentifikasi fungsi organ pernapasan manusia
Kelas/Semester :V/1
Butir Soal”
Pertukaran udara pernapasan pada manusia berlangsung di dalam . . . .
a. bronkiolus b alveolus. c. bronkus d. trakhea


Soal-soal ini, penulis ambil dari contoh soal yang ada di dalam Buku Sekolah Elektronik (BSE) IPA yang penulis download dari www.bse.depdiknas.go.id. (Bersambung)










MEMBEDAH KISI-KISI SOAL UASBN 2008/2009
(Bagian 3 - Habis)

Oleh : Nanang Rijono


KISI-KISI SOAL UASBN BAHASA INDONESIA
Kalau dicermati, kisi-kisi soal UASBN untuk matapelajaran Bahasa Indonesia sebagian indikator ada yang tidak tertuang secara eksplisit dalam KTSP, namun tertuang secara eksplisit dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK 2004). Hal ini memang sesuai dengan ketentuan dalam Permendiknas No. 82 Tahun 2008, bahwa materi UASBN merupakan iirisan atau interseksi dari tiga kurikulum : Kurikulum 1994, KBK 2004 dan KTSP 2006.
Hal ini tidak perlu dirisaukan, sebab walaupun secara eksplisit tidak terdapat di dalam KTSP, namun materi ujian dari indikator-indikator tersebut sudah pernah diajarkan oleh guru pada kelas IV s.d. VI secara berulang-ulang, tersirat dalam KD yang ada.
Dengan adanya indikator yang terdapat dalam KD, indikator atau materi KBK 2004 ini, kita disadarkan bahwa buku teks yang lama (yang disusun berdasarkan Kurikulum 1994 atau KBK 2004) masih bisa dipakai. Indikator-indikator ini perlu dimasukkan ke dalam silabus KTSP dan RPP Bahasa Indonesia pada kelas dan semester yang relevan.


PEMETAAN INDIKATOR DALAM SKLUASBN
DENGAN KOMPETENSI DASAR MATA PELAJARAN DI SD

MATA PELAJARAN UASBN : BAHASA INDONESIA

NO SKL UASBN KEMAMPUAN YANG DIUJI INDIKATOR
(DALAM KISI-KISI) KOMPETENSI DASAR MATAPELAJARAN KELAS/
SMT
1 MEMBACA
Menentukan isi bacaan Disajikan teks nonsastra 3 – 4 paragraf, siswa dapat:
- menjawab pertanyaan apa 3.1 Menemukan pikiran pokok teks agak panjang (150-200 kata) dengan cara membaca sekilas

3.2 Menanggapi informasi dari kolom/rubrik khusus (majalah anak, koran, dll.) IV/1


VI/1
- menjawab pertanyaan bagaimana
- menjawab pertanyaan di mana
- menjawab pertanyaan mengapa
- menyimpulkan isi bacaan
Menentukan unsur intrinsik dongeng Disajikan cuplikan cerita rakyat, siswa dapat menentukan:
- Latar cerita 7.3 Menyimpulkan isi cerita anak dalam beberapa kalimat V/2
- Watak salah satu tokoh dalam cerita
- Amanat dalam cerita
Disajikan cuplikan dongeng, siswa dapat menentukan perbedaan
watak dua tokoh dalam dongeng 7.3 Menyimpulkan isi cerita anak dalam beberapa kalimat V/2
Menentukan isi laporan Disajikan laporan, siswa dapat menentukan topiknya 3.1 Mendeskripsikan isi dan teknik penyajian suatu laporan hasil pengamatan/kunjungan VI/1
Menentukan isi tersurat/ tersirat dari rubrik yang dibaca Disajikan cuplikan rubrik khusus dari media cetak, siswa dapat
menentukan isi/pesannya 3.2 Menanggapi informasi dari kolom/rubrik khusus (majalah anak, koran dll.) VI/1
Memahami unsur instrinsik puisi Disajikan puisi anak-anak, siswa dapat menentukan:
- Amanatnya
- Makna salah satu kata dalam puisi 3.2 Menemukan gagasan utama suatu teks yang dibaca dengan kecepatan 75 kata per menit
3.3 Membaca puisi dengan lafal dan intonasi yang tepat V/1
Menentukan unsur instrinsik drama anak-anak Disajikan cuplikan teks drama anak-anak, siswa dapat menentukan
Amanatnya 7.2 Mengidentifikasi berbagai unsur (tokoh, sifat, latar, tema, jalan cerita, dan amanat) dari teks drama anak VI/2
Menentukan unsur instrinsik dan makna
kalimat cerita anak-anak Disajikan cerita anak satu paragraf, siswa dapat:
- Menentukan temanya
- Menentukan maksud salah satu kalimat dalam cerita
7.3 Menyimpulkan isi cerita anak dalam beberapa kalimat V/2
Menentukan makna denah Disajikan denah lokasi tertentu, siswa dapat menunjukkan tempat tertentu dengan arah perjalanan yang tepat BERBICARA
2.1 Mendeskripsikan tempat sesuai dengan denah atau gambar dengan kalimat yang runtut
IV/1
2 MENULIS
Menulis dialog Disajikan teks dialog yang belum lengkap, siswa dapat melengkapinya
dengan kalimat yang tepat 4.1 Melengkapi percakapan yang belum selesai dengan memperhatikan penggunaan ejaan (tanda titik dua, dan tanda petik)
4.3 Menulis dialog sederhana antara dua atau tiga tokoh dengan memperhatikan isi serta perannya IV/1


V/1
Mengisi formulir Siswa dapat mengisi formulir ber-dasarkan ilustrasi yang disajikan 4.1 Mengisi formulir (pendaftaran, kartu anggota, wesel pos, kartu pos, daftar riwayat hidup, dll.) dengan benar VI/1
Menggunakan EYD Siswa dapat menentukan penulisan kata depan dalam kalimat dengan tepat KBK 2004 ?
Menyusun kalimat majemuk Disajikan 2 kalimat tunggal, siswa dapat menyusunnya menjadi kalimat majemuk dengan tepat KBK 2004 Materi Pokok
Kalimat majemuk setara (dan)
Kalimat majemuk setara (dan, atau)
IV
V
Menulis petunjuk pemakaian Disajikan petunjuk pemakaian sesuatu yang acak, siswa dapat mengurutkan-nya menjadi sebuah petunjuk yang logis 4.2 Menulis petunjuk untuk melakukan sesuatu atau penjelasan tentang cara membuat sesuatu
IV/1
Menggunakan sinonim dan antonim Disajikan kalimat, siswa dapat menuliskan sinonim dari salah satu
kata dalam kalimat tersebut dengan tepat KBK 2004 Materi Pokok
Kata-kata yang bersinonim

VI
Disajikan kalimat, siswa dapat menentukan antonim dari salah satu
kata dalam kalimat tersebut dengan tepat KBK 2004 Materi Pokok
Kata-kata yang berantonim
VI
Menggunakan imbuhan Disajikan kalimat rumpang, siswa dapat melengkapinya dengan menentu-kan kata berimbuhan yang tepat ? ?
Menyusun paragraf Disajikan empat kalimat acak, siswa dapat mengurutkannya menjadi sebuah paragraf yang padu 4.1 Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang tersedia dengan memperhatikan penggunaan ejaan III/1
Disajikan paragraf rumpang, siswa dapat melengkapinya dengan Kalimat yang tepat 4.3 Melengkapi bagian cerita yang hilang (rumpang) dengan menggunakan kata/kalimat yang tepat sehingga menjadi cerita yang padu IV/1
Menggunakan EYD Menentukan penggunaan huruf kapital yang tepat dalam kalimat ? ?
Disajikan kalimat tanpa tanda baca, siswa dapat menentukan tanda baca yang tepat
KBK 2004 Indikatror & Materi Pokok
Menggunakan EYD dengan tepat dalam menulis
Tanda baca: titik, koma, tanda pisah
IV
Menulis/ melengkapi pantun Disajikan pantun yang belum lengkap bagian isinya, siswa dapat meleng-kapinya dengan baris yang tepat 8.3 Membuat pantun anak yang menarik tentang berbagai tema (persahabatan, ketekunan, kepatuhan, dll.) sesuai dengan ciri-ciri pantun IV/2
Disajikan pantun yang belum lengkap bagian sampirannya, siswa dapat melengkapinya dengan baris yang tepat 8.3 Membuat pantun anak yang menarik tentang berbagai tema (persahabatan, ketekunan, kepatuhan, dll.) sesuai dengan ciri-ciri pantun IV/2
Menyusun kalimat Disajikan kalimat, siswa dapat menentukan kalimat lain yang makna-nya sama KBK 2004 Indikator
Membandingkan isi antarteks dengan memberikan alasan
V
Disajikan gambar kegiatan, siswa dapat membuat kalimat sesuai dengan gambar tersebut ?
Disajikan kalimat tidak efektif, siswa dapat menentukan perbaikannya
menjadi kalimat efektif KBK 2004 Indikator dan Materi Pokok
Menulis pengumuman dengan bahasa yang singkat, padat, dan mudah dipahami
Kalimat Efektif
IV
Siswa dapat menentukan kalimat yang mengungkapkan rasa kagum/ kecewa berdasarkan ilustrasi atau gambar yang disajikan KBK 2004 Bersastra – Indikator
Mengungkapkan ekspresi yang tepat (sedih, haru, gembira, dll)

V
Disajikan ilustrasi suatu kegiatan, siswa dapat menentukan kalimat
tanya yang tepat KBK 2004 Materi Pokok
Kalimat tanya: bagaimana, berapa, mengapa, kapan
V
Disajikan teks satu paragraf, siswa dapat menentukan kalimat utamanya KBK 2004 Materi Pokok
Menentukan kalimat utama dalam paragraf
IV
Menulis pengumuman Disajikan ilustrasi tentang isi peng-umuman, siswa dapat menentukan kalimat pertama pengumuman tersebut dengan tepat 8.2 Menulis pengumuman dengan bahasa yang baik dan benar serta memperhatikan penggunaan ejaan
IV/2
Disajikan cuplikan pengumuman yang di dalamnya terdapat kalimat tidak efektif, siswa dapat memper-baikinya dengan kalimat efektif yang tepat 8.2 Menulis pengumuman dengan bahasa yang baik dan benar serta memperhatikan penggunaan ejaan
IV/2
Menggunakan/ menyunting kata depan Siswa dapat menentukan penulisan kata depan yang tepat dalam kalimat ?
Menulis iklan Disajikan gambar suatu produk, siswa dapat menentukan kalimat iklan yang tepat
KBK 2004 Indikator:
Menuliskan bahan atau isi iklan dengan bahasa yang singkat, padat, dan komunikatif

VI
Menulis teks pidato Disajikan ilustrasi isi pidato, siswa dapat:
- Menentukan kalimat pembukaan pidato dengan tepat
- Menentukan kalimat penutup pidato dengan tepat 8.1 Menyusun naskah pidato/sambutan (perpisahan, ulang tahun, perayaan sekolah, dll.) dengan bahasa yang baik dan benar, serta memperhatikan penggunaan ejaan
VI/2
Menulis surat Siswa dapat menentukan kalimat pembuka surat dengan tepat 4.4 Menulis surat untuk teman sebaya tentang pengalaman atau cita-cita dengan bahasa yang baik dan benar dan memperhatikan penggunaan ejaan (huruf besar, tanda titik, tanda koma, dll.) IV/1
Menulis petunjuk pemakaian Disajikan gambar sebuah produk, siswa dapat menuliskan petunjuk
pemakaiannya dengan jelas 4.2 Menulis petunjuk untuk melakukan sesuatu atau penjelasan tentang cara membuat sesuatu IV/1
Menuliskan imbuhan Disajikan kalimat rumpang, siswa dapat melengkapinya dengan kata
berawalan yang tepat ? ?
Mendeskripsikan gambar dengan kalimat yang tepat Disajikan gambar (benda, hewan, tumbuhan) siswa dapat menentukan kalimat yang berisi deskripsi sesuai dengan gambar 8.1 Menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri menggunakan pilihan kata dan kalimat yang tepat dengan memperhatikan penggunaan ejaan, huruf kapital, dan tanda titik III/2
Menyusun laporan Disajikan laporan yang belum lengkap, siswa dapat melengkapinya dengan kalimat yang tepat 8.2 Menulis laporan pengamatan atau kunjungan berdasarkan tahapan (catatan, konsep awal, perbaikan, final) dengan memperhatikan penggunaan ejaan V/2
Menulis ringkasan Disajikan teks satu paragraf, siswa dapat menentukan kalimat ringkasan yang tepat 4.2 Membuat ringkasan dari teks yang dibaca atau yang didengar VI/1
Mengurutkan gambar seri Disajikan empat gambar seri secara acak, siswa dapat mengurutkannya menjadi sebuah cerita yang runtut 8.1 Menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri menggunakan pilihan kata dan kalimat yang tepat dengan memperhatikan penggunaan ejaan, huruf kapital, dan tanda titik III/2


CONTOH SOAL UASBN BAHASA INDONESIA
Berikut ini beberapa contoh soal prediksi UASBN yang dapat dikembangkan dari kisi-kisi soal UASBN Bahasa Indonesia. Sengaja indikator yang dipilih adalah indikator yang secara eksplisit terdapat dalam KBK 2004.

Soal 1 :
Kemampuan yang diuji : Menulis iklan
Indikator : Disajikan gambar suatu produk, siswa dapat menentukan kalimat iklan yang tepat
KD Mata pelajaran : KBK 2004 Indikator: Menuliskan bahan atau isi iklan dengan bahasa yang singkat, padat, dan komunikatif
Kelas/Semester : VI





Kalimat iklan yang tepat untuk produk tersebut adalah …
A. Murah harganya, bagus mobilnya.
B. Silahkan membeli mobil mewah ini.
C. Anggun, Gagah, Tangguh di segala medan.
D. Mobil produk kita sendiri. Ayo beli.

Soal 2 :
Kemampuan yang diuji : Menyusun kalimat
Indikator : Disajikan kalimat tidak efektif, siswa dapat menentukan perbaikannya menjadi kalimat efektif
KD Mata pelajaran : KBK 2004 Indikator dan Materi Pokok : Menulis pengumuman dengan bahasa yang singkat, padat, dan mudah dipahami. Kalimat Efektif
Kelas/Semester : IV
Para bapak-bapak dan ibu-ibu dimohon berbaris antri di loket.
Kalimat yang efektif untuk mengganti kalimat tersebut adalah …
A. Para bapak dan ibu-ibu dimohon berbaris di depan loket.
B. Bapak-bapak dan ibu-ibu dimohon antri di loket.
C. Para bapak dan para ibu dimohon berbaris di loket.
D. Bapak-bapak dan para ibu dimohon antri berbaris di loket.

Soal 3 :
Kemampuan yang diuji : Menggunakan sinonim dan antonim
Indikator : Disajikan kalimat, siswa dapat menuliskan sinonim dari salah satu kata dalam kalimat tersebut dengan tepat
KD Mata pelajaran : KBK 2004 Materi Pokok ; Kata-kata yang bersinonim
Kelas/Semester : VI
Mantan Presiden Soeharto telah mangkat pada bulan Januari tahun yang lalu.
Sinonim kata “mangkat” dalam kalimat tersebut adalah ….
A. mengangkat
B. tewas
C. meninggal dunia
D. mampus


PENUTUP
Kalau setiap tahun guru mempelajari dan mengkaji kisi-kisi soal UASBN, maka akan dapat diketahui materi atau indikator-indikator apa yang senantiasa dikeluarkan dalam ujian nasional setiap tahun, dan mana yang kadang-kadang muncul. Dengan demikian, guru bisa melatihkannya dalam setiap pembelajaran di kelas/semester yang sesuai – dan tidak menunggu saat bimbel menghadapi UASBN untuk siswa kelas VI SD.
Dengan demikian, pembelajaran yang dilaksanakan setiap hari akan senantiasa terkait dengan Ujian Nasional. Siswa dan guru tidak perlu khawatir lagi, karena materi ujian sudah dibahas dalam pembelajaran dan siswa diharapkan sudah menguasainya sejak kelas IV.
Semua ini terserah komitmen guru SD kelas IV s.d. VI. Maukah mereka repot-repot mengkaji kisi-kisi UASBN dan mengintegrasikannya ke dalam silabus KTSP dan RPP, serta merealisasikannya dalam pembelajaran di kelas? (Habis).