THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Kamis, 03 Desember 2009

ANALISIS KEBIJAKAN UJIAN NASIONAL 2009/2010 (BAGIAN 2)
KELULUSAN TERSERAH SEKOLAH, KISI-KISI PERLU DIBEDAH
Oleh : Nanang Rijono
PERMENDIKNAS No. 74 tahun 2009 tentang Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN) Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah/Sekolah Dasar Luar Biasa (SD/MI/ SDLB) Tahun Pelajaran 2009/2010 telah ditetapkan tanggal 13 Oktober 2009 juga. Secara substansial tidak banyak hal baru dalam kebijakan UASBN tahun 2009/2010 ini jika dibandingkan dengan UASBN tahun 2008/2009.


Perubahan hanya terdapat pada waktu pelaksanaan UASBN, yakni pada minggu pertama bulan Mei 2010. Mata pelajaran UASBN SD/MI dan SDLB tetap terdiri mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA.

Sedangkan materi ujian diambil dari irisan (interseksi) materi ajar/SK dan KD dari Kurikulum 2004 (KBK) dan KTSP. Ini berbeda dengan UASBN Tahun 2008/2009, dimana materi UASBN berasal dari 3 kurikulum : kurikulum 1994, KBK dan KTSP.
STANDAR KELULUSAN
Standar kelulusam dalam UASBN tahun 2009/2010 masih tetap seperti UASBN Tahun 2007/2008 dan 2008/2009. Sekolah diberi keleluasaan (otonomi?) untuk menetapkan sendiri standar kelulusan siswa-siswa di sekolahnya. Hal ini diatur dalam Pasal 12 ayat (1) Permendiknas No. 74 Tahun 2009 sebagai berikut: (1) Kriteria kelulusan UASBN Tahun Pelajaran 2009/2010 ditetapkan oleh setiap sekolah/madrasah yang peserta didiknya mengikuti UASBN. Saya percaya, setiap satuan pendidikan akan menentukan kriteria kelulusan siswa-siswanya secara rasional, bertanggung-jawab, serta bijaksana – setidak-tidaknya setara dengan standar kelulusan untuk SMP atau SMA: rata-rata minimal 5,50.
Agar siswa di suatu sekolah dapat meraih nilai di atas 5,50 maka sekolah perlu menyiapkan siswa agar menguasai dengan baik materi ujian yang sudah ditetapkan dalam kisi-kisi soal UASBN 2009/2010. Kisi-kisi soal UASBN sudah dilampirkan dalam Permendiknas No. 74 Tahun 2009.
Kisi-kisi soal UASBN untuk SD/MI dan SDLB ini lebih rinci jika dibandingkan dengan kisi-kisi soal UN SMP/MTs dan SMA/MA. Kisi-kisi UASBN terdiri atas SKL UASBN, Kompetensi Yang Diujikan (KYD) dan Indikator. Setiap indikator ini akan dikembangkan menjadi satu soal (untuk setiap Paket Soal Ujian). Soal-soal UASBN di SD/MI dan SDLB dibuat sebanyak indikator yang ada, bahkan dengan urutan soal seperti urutan indikatornya.
Hal ini menurut saya, adalah cara paling anggun untuk membantu siswa dan sekolah agar tingkat kelulusannya tinggi – bukan dengan cara-cara yang menodai integritas guru, sekolah dan dunia pendidikan itu sendiri.
MEMBEDAH KISI-KISI UASBN SD/MI
Kisi-kisi soal UASBN untuk SD/MI dan SDLB ini perlu dikaji lebih lanjut oleh guru-guru dan sekolah. Kisi-kisi UASBN tahun 2009/2010 ini perlu dipetakan, indikator soal apa yang berasal dari SD/KD kelas IV, V atau VI bagi dari KTSP atau KBK 2004. Dengan teridentifikasikannya Indikator soal menurut Kelas dan Semester, maka akan mudah bagi guru dalam menghimpun soal-soal latihan sebagai persiapan dalam menghadapi UASBN.
Menurut saya, kurang efisien jika dalam melatih siswa menghadapi UASBN, guru memberikan paket-paket soal latihan ujian yang diambil dari kumpulan soal EBTANAS atau UN sepuluh tahun terakhir. Pemberian soal 10 tahun terakhir ini selain akan membosankan siswa, juga belum tentu paket-paket soal tersebut sesuai dengan kisi-kisi soal UASBN yang benar-benar dijadikan acuan dalam pengembangan soal UASBN.
Seyogyanya. guru melakukan seleksi dari paket-paket soal 10 tahun terakhir tersebut dan mengambil soal-soal tertentu yang sesuai dengan indikator soal UASBN tahun 2009/2010. Atau, guru mengembangkan sendiri soal sebanyak-banyaknya atau menghimpun soal latihan dari berbagai buku sekolah elektronik (BSE) sesuai dengan kisi-kisi UASBN.
Di samping itu, guru perlu melakukan pembandingan Kisi-kisi UASBN tahun 2009/2010 ini dengan kisi-kisi soal UASBN Tahun 2008/2009, untuk menemukan indikator-indikator soal apa yang sama dan yang berbeda dari kedua tahun UASBN tersebut. Dengan demikian, guru bisa memberikan penekanan dalam pembelajaran maple UASBN tahun ini atau tahun depan untuk materi ajar dari SK dan KD yang muncul dalam kisi-kisi UASBN.
PEMBANDINGAN DAN PEMETAAN INDIKATOR UASBN BAHASA INDONESIA
SKL UASBN Bahasa Indonesia Tahun 2009/2010
1. MEMBACA: Membaca berbagai teks nonsastra berupa teks sederhana, laporan, dan rubrik khusus, serta berbagai karya sastra berupa puisi anak, dongeng, cerita anak-anak, dan drama anak-anak.
2. MENULIS: Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk karangan sederhana, kosakata yang bervariasi dan kalimat efektif dalam kehidupan sehari-hari, petunjuk surat, pengumuman dialog, formulir, teks pidato, laporan, ringkasan, parafrase, serta berbagai karya sastra untuk anak berbentuk cerita anak, puisi, dan pantun, secara terpadu, struktur kalimat yang tepat, ejaan, dan pilihan katanya.
SKL UASBN tahun 2009/2010 ini ternyata sama dengan SKL UASBN tahun 2008/2009. Demikian pula dengan indikator-indikatornya. Sehingga dapat dikatakan bahwa Kisi-kisi Soal UASBN Tahun 2009/2010 sama persis dengan Kisi-kisi UASBN tahun lalu.
Berikut ini hasil pembandingan dan pemetaan SK/KD Mapel Bahasa Indonesia dalam kurikulum dengan indikatornya dalam Kisi-kisi UASBN Bahasa Indonesia Tahun 2009/2010.


MATA PELAJARAN UASBN : BAHASA INDONESIA
NO SKL UASBN KEMAMPUAN YANG DIUJI (KYD) INDIKATOR UASBN
DALAM KISI-KISI TAHUN 2009/2010 INDIKATOR UASBN TH. 2008/2009 NO SOAL KOMPETENSI DASAR KTSP (kecuasli yang bertanda khusus) KELAS/
SMT
1 MEMBACA
Menentukan isi bacaan Disajikan teks nonsastra 3 – 4 paragraf, siswa dapat:
- menjawab pertanyaan apa Sama 1 3.1 Menemukan pikiran pokok teks agak panjang (150-200 kata) dengan cara membaca sekilas
3.2 Menanggapi informasi dari kolom/rubrik khusus (majalah anak, koran, dll.) IV/1


VI/1
- menjawab pertanyaan bagaimana Sama 2
- menjawab pertanyaan di mana Sama 3
- menjawab pertanyaan mengapa Sama 4
- menyimpulkan isi bacaan Sama 5
Menentukan unsur intrinsik dongeng Disajikan cuplikan cerita rakyat, siswa dapat menentukan:
- Latar cerita Sama 6 7.3 Menyimpulkan isi cerita anak dalam beberapa kalimat V/2
- Watak salah satu tokoh dalam cerita Sama 7
- Amanat dalam cerita Sama 8
Disajikan cuplikan dongeng, siswa dapat menentukan perbedaan`watak dua tokoh dalam dongeng Sama 9 7.3 Menyimpulkan isi cerita anak dalam beberapa kalimat V/2
Menentukan isi laporan Disajikan laporan, siswa dapat menentukan topiknya Sama 10 3.1 Mendeskripsikan isi dan teknik penyajian suatu laporan hasil pengamatan / kunjungan VI/1
Menentukan isi tersurat/ tersirat dari rubrik yang dibaca Disajikan cuplikan rubrik khusus dari media cetak, siswa dapat menentukan isi/pesannya Sama 11 3.2 Menanggapi informasi dari kolom/rubrik khusus (majalah anak, koran dll.) VI/1
Memahami unsur instrinsik puisi Disajikan puisi anak-anak, siswa dapat menentukan:
- Amanatnya
- Makna salah satu kata dalam puisi Sama

12
13 3.2 Menemukan gagasan utama suatu teks yang dibaca dengan kecepatan 75 kata per menit
3.3 Membaca puisi dengan lafal dan intonasi yang tepat V/1
Menentukan unsur instrinsik drama anak-anak Disajikan cuplikan teks drama anak-anak, siswa dapat menentukan amanat-nya Sama 14 7.2 Mengidentifikasi berbagai unsur (tokoh, sifat, latar, tema, jalan cerita, dan amanat) dari teks drama anak VI/2
Menentukan unsur intrinsik dan makna
kalimat cerita anak-anak Disajikan cerita anak satu paragraf, siswa dapat:
- Menentukan temanya
- Menentukan maksud salah satu kalimat dalam cerita sama

15
16 7.3 Menyimpulkan isi cerita anak dalam beberapa kalimat V/2
Menentukan makna denah Disajikan denah lokasi tertentu, siswa dapat menunjukkan tempat tertentu dengan arah perjalanan yang tepat Sama 17 BERBICARA
2.1 Mendeskripsikan tempat sesuai dengan denah atau gambar dengan kalimat yang runtut
IV/1
2 MENULIS
Menulis dialog Disajikan teks dialog yang belum engkap, siswa dapat melengkapinya dengan kalimat yang tepat Sama 18 4.1 Melengkapi percakapan yang belum selesai dengan memperhatikan penggunaan ejaan (tanda titik dua, dan tanda petik)
4.3 Menulis dialog sederhana antara dua atau tiga tokoh dengan memper-hatikan isi serta perannya IV/1


V/1
Mengisi formulir Siswa dapat mengisi formulir berdasar-kan ilustrasi yang disajikan


Sama 19 4.1 Mengisi formulir (pendaftaran, kartu anggota, wesel pos, kartu pos, daftar riwayat hidup, dll.) dengan benar VI/1
Menggunakan EYD Siswa dapat menentukan penulisan kata depan dalam kalimat dengan tepat Sama 20 KBK 2004 ?
Menyusun kalimat majemuk Disajikan 2 kalimat tunggal, siswa dapat menyusunnya menjadi kalimat majemuk dengan tepat Sama 21 KBK 2004 Materi Pokok
Kalimat majemuk setara (dan)
Kalimat majemuk setara (dan, atau)
IV
V
Menulis petunjuk pemakaian Disajikan petunjuk pemakaian sesuatu yang acak, siswa dapat mengurutkan-nya menjadi sebuah petunjuk yang logis Sama 22 4.2 Menulis petunjuk untuk melakukan sesuatu atau penjelasan tentang cara membuat sesuatu IV/1
Menggunakan sinonim dan antonim Disajikan kalimat, siswa dapat menulis-kan sinonim dari salah satu kata dalam kalimat tersebut dengan tepat sama 23 KBK 2004 Materi Pokok
Kata-kata yang bersinonim

VI
Disajikan kalimat, siswa dapat menentu-kan antonim dari salah satu kata dalam kalimat tersebut dengan tepat Sama 24 KBK 2004 Materi Pokok
Kata-kata yang berantonim
VI
Menggunakan imbuhan Disajikan kalimat rumpang, siswa dapat melengkapinya dengan menentukan kata berimbuhan yang tepat Sama 25 ? ?
Menyusun paragraf Disajikan empat kalimat acak, siswa dapat mengurutkannya menjadi sebuah paragraf yang padu Sama 26 4.1 Menyusun paragraf ber-dasarkan bahan yang tersedia dengan memper-hatikan penggunaan ejaan III/1
Disajikan paragraf rumpang, siswa dapat melengkapinya dengan kalimat yang tepat


Sama 27 4.3 Melengkapi bagian cerita yang hilang (rumpang) dengan menggunakan kata/kalimat yang tepat sehingga menjadi cerita yang padu IV/1
Menggunakan EYD Menentukan penggunaan huruf kapital yang tepat dalam kalimat Sama 28 ? ?
Disajikan kalimat tanpa tanda baca, siswa dapat menentukan tanda baca yang tepat
Sama 29 KBK 2004 Indikatror & Materi Pokok
Menggunakan EYD dengan tepat dalam menulis tanda baca: titik, koma, tanda pisah
IV
Menulis/ melengkapi pantun Disajikan pantun yang belum lengkap bagian isinya, siswa dapat meleng-kapinya dengan baris yang tepat Sama 30 8.3 Membuat pantun anak yang menarik tentang berbagai tema (persaha-batan, ketekunan, kepatuhan, dll.) sesuai dengan ciri-ciri pantun IV/2
Disajikan pantun yang belum lengkap bagian sampirannya, siswa dapat melengkapinya dengan baris yang tepat Sama 31 8.3 Membuat pantun anak yang menarik tentang berbagai tema (persaha-batan, ketekunan, kepatuhan, dll.) sesuai dengan ciri-ciri pantun IV/2
Menyusun kalimat Disajikan kalimat, siswa dapat menentu-kan kalimat lain yang makna-nya sama Sama 32 KBK 2004 Indikator
Membandingkan isi antarteks dengan memberikan alasan
V
Disajikan gambar kegiatan, siswa dapat membuat kalimat sesuai dengan gambar tersebut Sama 33 ?
Disajikan kalimat tidak efektif, siswa dapat menentukan perbaikannya
menjadi kalimat efektif Sama 34 KBK 2004 Indikator dan Materi Pokok
Menulis pengumuman dengan bahasa yang singkat, padat, dan mudah dipahami
Kalimat Efektif
IV
Siswa dapat menentukan kalimat yang mengungkapkan rasa kagum/ kecewa berdasarkan ilustrasi atau gambar yang disajikan Sama 35 KBK 2004 Bersastra – Indikator
Mengungkapkan ekspresi yang tepat (sedih, haru, gembira, dll)
V
Disajikan ilustrasi suatu kegiatan, siswa dapat menentukan kalimat tanya yang tepat Sama 36 KBK 2004 Materi Pokok
Kalimat tanya: bagaimana, berapa, mengapa, kapan
V
Disajikan teks satu paragraf, siswa dapat menentukan kalimat utamanya Sama 37 KBK 2004 Materi Pokok
Menentukan kalimat utama dalam paragraf
IV
Menulis pengumuman Disajikan ilustrasi tentang isi peng-umuman, siswa dapat menentukan kalimat pertama pengumuman tersebut dengan tepat Sama 38 8.2 Menulis pengumuman dengan bahasa yang baik dan benar serta memper-hatikan penggunaan ejaan IV/2
Disajikan cuplikan pengumuman yang di dalamnya terdapat kalimat tidak efektif, siswa dapat memperbaikinya dengan kalimat efektif yang tepat Sama 39 8.2 Menulis pengumuman dengan bahasa yang baik dan benar serta memper-hatikan penggunaan ejaan IV/2
Menggunakan/ menyunting kata depan Siswa dapat menentukan penulisan kata depan yang tepat dalam kalimat Sama 40 ?
Menulis iklan Disajikan gambar suatu produk, siswa dapat menentukan kalimat iklan yang tepat

Sama 41 KBK 2004 Indikator:
Menuliskan bahan atau isi iklan dengan bahasa yang singkat, padat, dan komunikatif
VI
Menulis teks pidato Disajikan ilustrasi isi pidato, siswa dapat:
- Menentukan kalimat pembukaan pidato dengan tepat
- Menentukan kalimat penutup pidato dengan tepat Sama
42

43 8.1 Menyusun naskah pidato/ sambutan (perpisahan, ulang tahun, perayaan sekolah, dll.) dengan bahasa yang baik dan benar, serta memper-hatikan penggunaan ejaan VI/2
Menulis surat Siswa dapat menentukan kalimat pembuka surat dengan tepat Sama 44 4.4 Menulis surat untuk teman sebaya tentang pengalaman atau cita-cita dengan bahasa yang baik dan benar dan memper-hatikan penggunaan ejaan (huruf besar, tanda titik, tanda koma, dll.) IV/1
Menulis petunjuk pemakaian Disajikan gambar sebuah produk, siswa dapat menuliskan petunjuk pemakaian-nya dengan jelas Sama 45 4.2 Menulis petunjuk untuk melakukan sesuatu atau penjelasan tentang cara membuat sesuatu IV/1
Menuliskan imbuhan Disajikan kalimat rumpang, siswa dapat melengkapinya dengan kata berawalan yang tepat Sama 46 ? ?
Mendeskripsikan gambar dengan kalimat yang tepat Disajikan gambar (benda, hewan, tumbuhan) siswa dapat menentukan kalimat yang berisi deskripsi sesuai dengan gambar



Sama 47 8.1 Menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri menggunakan pilihan kata dan kalimat yang tepat dengan memperhatikan penggunaan ejaan, huruf kapital, dan tanda titik III/2
Menyusun laporan Disajikan laporan yang belum lengkap, siswa dapat melengkapinya dengan kalimat yang tepat Sama 48 8.2 Menulis laporan pengamatan atau kunjungan berdasarkan tahapan (catatan, konsep awal, perbaikan, final) dengan memperhatikan penggunaan ejaan V/2
Menulis ringkasan Disajikan teks satu paragraf, siswa dapat menentukan kalimat ringkasan yang tepat Sama 49 4.2 Membuat ringkasan dari teks yang dibaca atau yang didengar VI/1
Mengurutkan gambar seri Disajikan empat gambar seri secara acak, siswa dapat mengurutkannya menjadi sebuah cerita yang runtut Sama 50 8.1 Menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri menggunakan pilihan kata dan kalimat yang tepat dengan memperhatikan penggunaan ejaan, huruf kapital, dan tanda titik III/2
Sumber: Permendiknas No. 74 Tahun 2009, Permendiknas No. 62 Tahun 2008, SK/KD (Standar Isi Permendiknas No. 22 Tahun 2006) dan SK/KD KBK Tahun 2004 untuk Mapel Bahasa Indonesia



PEMBANDINGAN DAN PEMETAAN INDIKATOR UASBN MATEMATIKA
SKL UASBN Matematika Tahun 2009/2010
1. Memahami konsep dan operasi hitung bilangan serta dapat menggunakannnya dalam kehidupan sehari-hari.
2. Memahami konsep ukuran dan pengukuran berat, panjang, luas, dan volume waktu serta penggunaannya dalam pemecahan masalah kehidupan sehari-hari.
3. Memahami konsep, sifat dan unsur-unsur bangun geometri dapat menghitung besar besaran yang terkait dengan bangun geometri (2D/3D) memahami konsep transformasi bangun datar, serta dapat menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari.
4. Memahami konsep koordinat untuk menentukan letak benda dan dapat menggunakannya dalam pemecahan masalah.
5. Memahami konsep pengumpulan data, penyajian data dengan tabel dan grafik, mengurutkan data, menghitung rata-rata serta menerapkan dalam pemecahan masalah kehidupan sehari-hari.
SKL UASBN Matematika tahun 2009/2010 ini ternyata sama dengan SKL UASBN tahun 2008/2009. Demikian pula dengan indikator-indikatornya. Sehingga dapat dikatakan bahwa Kisi-kisi SOal UASBN Tahun 2009/2010 sama persis dengan Kisi-kisi UASBN tahun lalu.
Berikut ini hasil pembandingan dan pemetaan SK/KD dalam kurikulum dengan indikatornya dalam Kisi-kisi UASBN Tahun 2009/2010.

MATA PELAJARAN UASBN : MATEMATIKA

NO SKL UASBN KEMAMPUAN YANG DIUJI (KYD) INDIKATOR UASBN
DALAM KISI-KISI TAHUN 2009/2010 INDIKATOR UASBN TH. 2008/2009 NO SOAL KOMPETENSI DASAR KTSP (kecuasli yang bertanda khusus) KELAS/
SMT
1 Menentukan hasil operasi hitung
bilangan bulat, dan mengguna-kannya dalam kehidupan sehari-hari
Menentukan hasil operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pada
bilangan cacah 1.1 Mengidentifikasi sifat-sifat operasi hitung
IV/1
Menentukan hasil operasi hitung perkalian dan pembagian pada bilangan cacah 1.3 Melakukan operasi perkalian dan pembagian
IV/1
Menentukan hasil operasi hitung campuran pada bilangan bulat 1.4 Melakukan operasi hitung campuran
IV/1
Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan operasi hitung
penjumlahan dan pengurangan pada bilangan bulat 1.1 Mengidentifikasi sifat-sifat operasi hitung
IV/1
Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan operasi hitung
perkalian dan pembagian pada bilangan cacah 1.3 Melakukan operasi perkalian dan pembagian

5.4 Melakukan operasi hitung yang melibatkan berbagai bentuk pecahan IV/1

VI/2
Menentukan hasil operasi hitung bilangan pecahan dan mengguna-kan alam kehidupan sehari-hari Menentukan hasil operasi hitung penjumlahan atau pengurangan
pecahan biasa dan campuran 6.3 Menjumlahkan pecahan
6.4 Mengurangkan pecahan
5.4 Melakukan operasi hitung yang melibatkan berbagai bentuk pecahan IV/2

VI/2
Menentukan hasil operasi hitung penjumlahan atau pengurangan
Pecahan desimal 5.2 Menjumlahkan dan mengurangkan berbagai bentuk pecahan
V/2

Menentukan hasil perkalian atau pembagian pecahan biasa dan
-campuran 5.3 Mengalikan dan membagi berbagai bentuk pecahan V/2

Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan operasi hitung
campuran bilangan pecahan (biasa, campuran, dan desimal) 5.1 Mengubah pecahan ke bentuk persen dan desimal serta sebaliknya
5.2 Menjumlahkan dan mengurangkan berbagai bentuk pecahan
5.3 Mengalikan dan membagi berbagai bentuk pecahan
V/2
Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan pen Menyelesaikan soal cerita yang di dalamnya menggunakan persen 5.4 Menggunakan pecahan dalam masalah perbandingan dan skala V/2
Menyelesaikan masalah yang menggunakan kelipatan per-sekutuan terkecil (KPK) Menentukan nilai KPK dari tiga bilangan dua angka 2.3 Menentukan kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dan faktor persekutuan terbesar (FPB) IV/1
Menyelesaikan soal cerita yang di dalamnya menggunakan 2.4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan KPK dan FPB IV/1
Menyelesaikan masalah yang menggunakan faktor persekutu-an terbesar (FPB) Menentukan nilai FPB dari tiga bilangan dua angka 2.3 Menentukan kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dan faktor persekutuan terbesar (FPB) IV/1
Menyelesaikan soal cerita yang di dalamnya menggunakan FPB 2.4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan KPK dan FPB IV/1
Memecahkan masalah yang berkaitan dengan perbandingan dan skala Menyelesaikan soal cerita yang menggunakan perbandingan 5.4 5.5 5.6 Menggunakan pecahan dalam masalah perbandingan dan skala
5.5 Memecahkan masalah perbandingan dan skala V/2

VI/2
Menyelesaikan soal cerita yang menggunakan perhitungan skala 5.4 5.5 5.6 Menggunakan pecahan dalam masalah perbandingan dan skala
5.5 Memecahkan masalah perbandingan dan skala V/2

VI/2
Menentukan hasil operasi hitung dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan akar pangkat dua dan pangkat dua Menentukan hasil operasi hitung pen-jumlahan atau pengurangan bilangan pangkat dua dan akar pangkat dua 1.4 Menghitung perpangkatan dan akar sederhana
V/1
Diketahui luas sebuah persegi, siswa dapat menghitung panjang sisinya 3.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas bangun datar V/1
2 Menentukan hasil operasi hitung yang berkaitan dengan satuan waktu, panjang, berat, luas, volume dalam pemecah-an masalah sehari-hari Menyelesaikan soal cerita sederhana yang berkaitan dengan operasi hitung penjumlahan atau pengurang-an satuan waktu yang berbeda 2.2 Melakukan operasi hitung satuan waktu
V/1
Menyelesaikan soal cerita sederhana yang berkaitan dengan penjumlahan atau pengurangan pada dua atau lebih satuan panjang yang berbeda 3.3 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan satuan waktu, panjang dan berat
IV/1
Menyelesaikan soal cerita sederhana yang berkaitan dengan operasi hitung dari beberapa satuan berat yang berbeda 3.3 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan satuan waktu, panjang dan berat
3.4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan satuan kuantitas IV/1
Menyelesaikan soal cerita sederhana yang berkaitan dengan operasi hitung dari beberapa satuan luas yang berbeda 3.4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan satuan kuantitas IV/1
Menyelesaikan soal cerita sederhana yang berkaitan dengan operasi hitung dari beberapa satuan volume yang berbeda
3.4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan satuan kuantitas IV/1
Memecahkan masalah yang berkaitan dengan jarak, kecepatan, dan waktu Menyelesaikan soal cerita sederhana yang berkaitan dengan jarak, kecepat-an, dan waktu 2.5 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan waktu, jarak, dan kecepatan V/1
3 Menentukan sifat dan unsur bangun geometri dua dimensi atau tiga dimensi serta menentukan hasil transformasi bangun datar Menentukan nama suatu bangun datar berdasarkan sifat-sifat bangun yang diketahui 6.1 Mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar
V/2
Menentukan banyaknya rusuk dari suatu gambar bangun ruang yang disajikan 6.3 Menentukan jaring-jaring berbagai bangun ruang sederhana
V/2
Menentukan hasil pencerminan dari gambar suatu bangun datar yang
Disajikan 8.3 Mengidentifikasi benda-benda dan bangun datar simetris
8.4 Menentukan hasil pencerminan suatu bangun datar IV/2
Menentukan hasil bayangan dari rotasi bangun datar dengan pusat
putaran ditentukan 8.3 Mengidentifikasi benda-benda dan bangun datar simetris
8.4 Menentukan hasil pencerminan suatu bangun datar IV/2
Menentukan sumbu simetri lipat dari gambar bangun datar yang disajikan 8.3 Mengidentifikasi benda-benda dan bangun datar simetris IV/2
Menentukan luas dan keliling serta pemecahan masalah yang berkaitan dengan luas dan keliling bangun datar Menentukan keliling dari gambar gabungan dua bangun datar yang
disajikan beserta ukurannya . 4.1 Menentukan keliling dan luas jajargenjang dan segitiga
4.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling dan luas jajargenjang dan segitiga IV1
Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan keliling bangun
Datar 4.1 Menentukan keliling dan luas jajargenjang dan segitiga
4.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling dan luas jajargenjang dan segitiga IV1
Menentukan luas dari gambar gabungan dua bangun datar yang
disajikan beserta ukurannya 3.1 Menghitung luas segi banyak yang merupakan gabungan dari dua bangun datar sederhana VI/1
Menentukan bentuk jaring-jaring bangun ruang Menentukan bentuk jaring-jaring kubus atau balok 8.2 Menentukan jaring-jaring balok dan kubus
IV2
Menentukan volume bangun ruang Menentukan volume dari gabungan dua bangun ruang sisi datar (balok dan kubus) yang disajikan beserta ukuran-nya 4.1 Menghitung volume kubus dan balok
4.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume kubus dan balok
V/1
Menentukan luas permukaan dari bangun ruang Menentukan luas permukaan bangun ruang sisi datar (kubus atau balok) dari gambar yang diberikan

4.1 Menghitung volume kubus dan balok
4.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume kubus dan balok
V-1
4 Menentukan letak titik pada bidang koordinat yang ber-hubungan dengan sifat bangun datar
Menentukan letak salah satu titik koordinat dari suatu bangun datar yg terletak pada diagram kartesius 6.3 Menentukan posisi titik dalam sistem koordinat Kartesius VI/2
5 Membaca dan menafsirkan unsur dalam diagram batang dan diagram lingkaran Menentukan salah satu unsur yang belum diketahui dari gambar diagram batang yang disajikan 7.1 Menyajikan data ke bentuk tabel dan diagram gambar, batang dan lingkaran
VI/2
Menentukan salah satu unsur yang belum diketahui dari gambar diagram lingkaran yang disajikan 7.1 Menyajikan data ke bentuk tabel dan diagram gambar, batang dan lingkaran
VI/2
Menghitung nilai rata-rata dan modus yang berkaitan dengan pemecahan masalah Menentukan nilai rata-rata dari sekumpulan data yang disediakan 7.2 Menentukan rata-rata hitung dan modus sekumpulan data VI/2
Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan modus dari sekumpulan data yang disediakan 7.2 Menentukan rata-rata hitung dan modus sekumpulan data
VI/2

PEMBANDINGAN DAN PEMETAAN INDIKATOR UASBN IPA
SKL UASBN Ilmua Pengetahuan Alama (IPA) Tahun 2009/2010
1. Memahami ciri-ciri dan penggolongan hewan dan tumbuhan, cara perkembangbiakan hewan dan tumbuhan, manfaat tumbuhan dan hewan bagi manusia serta upaya pelestariannya.
2. Memahami saling ketergantungan antar makhluk hidup serta cara-cara makhluk hidup menyesuaikan diri terhadap lingkungannya.
3. Memahami bagian tubuh manusia dan tumbuhan, menjelaskan fungsinya, serta mampu mengidentifikasi kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat.
4. Memahami perubahan wujud benda dan kegunaan, pengaruh suhu terhadap benda dalam kehidupan sehari-hari.
5. Memahami berbagai bentuk energi, gaya serta perubahan, manfaat dan pengaruhnya
6. Memahami berbagai jenis sumber daya alam, kegunaannya, dampaknya bagi kehidupan.
7. Memahami sistem tata surya.

SKL UASBN maple IPA tahun 2009/2010 ini ternyata sama dengan SKL UASBN tahun 2008/2009. Demikian pula dengan indikator-indikatornya. Sehingga dapat dikatakan bahwa Kisi-kisi SOal UASBN Tahun 2009/2010 sama persis dengan Kisi-kisi UASBN tahun lalu.
Berikut ini hasil pembandingan dan pemetaan SK/KD dalam kurikulum dengan indikatornya dalam Kisi-kisi UASBN Tahun 2009/2010.


MATA PELAJARAN UASBN : IPA

NO SKL UASBN KEMAMPUAN YANG DIUJI (KYD) INDIKATOR UASBN
DALAM KISI-KISI TAHUN 2009/2010 INDIKATOR UASBN TH. 2008/2009 NO SOAL KOMPETENSI DASAR KTSP (kecuasli yang bertanda khusus) KELAS/
SMT
1 Menentukan ciri-ciri makhluk hidup tertentu Disajikan dua gambar hewan/ tumbuhan tertentu yang umum dikenal di suatu daerah, siswa dapat menentukan ciri khusus yang sama pada hewan/tumbuhan tersebut 1.1 1.2 1.3 Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan (kelelawar, cicak, bebek) dan lingkungan hidupnya
1.4 Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki tumbuhan (kaktus, tumbuhan pemakan serangga) dengan lingkungan hidupnya VI/1
Menentukan cara meng-golongkan makhluk hidup hewan/tumbuhan berdasar-kan ciri-cirinya Disajikan nama beberapa tumbuhan/ hewan dalam satu kelompok, siswa dapat menentukan dasar mengelom-pokkan dari tumbuhan/ hewan tersebut 1.1. 1.2. 1.3. Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan (kelelawar, cicak, bebek) dan lingkungan hidupnya
1.4. Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki tumbuhan (kaktus, tumbuhan pemakan serangga) dengan lingkungan hidupnya VI/1
Menentukan cara perkembang-biakan hewan/ tumbuhan Melalui gambar tumbuhan/hewan siswa dapat menentukan cara per-kembangbiakannya 2.3 Mengidentifikasi cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan
VI/1
Siswa dapat menentukan cara per-kembangbiakan yang cocok dari
hewan/tumbuhan yang umum dikenal, siswa 2.3 Mengidentifikasi cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan
VI/1
Menjelaskan manfaat hewan/ tumbuhan bagi kehidupan/ lingkungan Siswa dapat menentukan manfaat hewan/tumbuhan tertentu yang umum dikenal bagi manusia/ lingkungan 3.2 Mengidentifikasi bagian tumbuhan yang sering dimanfaatkan manusia yang mengarah pada ketidakseimbangan lingkungan VI/1
Siswa dapat menjelaskan akibat penggunaan bahan tertentu dari
hewan/ tumbuhan yang berlebihan 3.3 Mengidentifikasi bagian tubuh hewan yang sering dimanfaatkan manusia yang mengarah pada ketidakseimbangan lingkungan V1/1
Menjelaskan tujuan pelestarian hewan/ tumbuhan langka Siswa dapat menjelaskan tujuan pelestarian hewan/tumbuhan langka
di suatu daerah 4.2 Mendeskripsikan pentingnya pelestarian jenis makhluk hidup untuk perkembangan Ilmu Pengetahuan Alam dan kehidupan masyarakat

VI/1
2 Menjelaskan bentuk-bentuk interaksi yang terjadi antara makhluk hidup dan lingkung-annya (rantai makanan, komunitas, dan simbiosis) Disajikan pernyataan tentang hewan/ tumbuhan untuk memper-oleh kebutuhan hidup dari hewan/ tumbuhan lain, siswa dapat menentu-kan bentuk hubungan di antara mereka (simbiosis) 5.1 5.2 5.3 Membandingkan sifat kemampuan menghantarkan panas dari berbagai benda
VI/1
Siswa dapat menentukan rantai makanan yang cocok dalam
komunitas/ ekosistem tertentu 5.4 5.5 5.6 Membandingkan sifat kemampuan menghantarkan panas dari berbagai benda
VI/1
Siswa dapat menentukan hewan yang hidupnya sangat bergantung pada hewan/ tumbuhan lain 5.2. Menjelaskan alasan pemilihan benda dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan kemampuan menghantarkan panas VI/1
Menjelaskan bentuk dan fungsi alat tubuh mahluk hidup untuk penyesuaian diri terhadap lingkungannya Siswa dapat menjelaskan fungsi bentuk/ keadaan tubuh hewan atau
tumbuhan tertentu bagi kelang-sungan hidupnya 1.1. 1.2. 1.3. Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan (kelelawar, cicak, bebek) dan lingkungan hidupnya
1.4. Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki tumbuhan (kaktus, tumbuhan pemakan serangga) dengan lingkungan hidupnya VI/1
Disajikan empat bentuk cakar burung (elang, bebek, ayam, kakak-tua dll), siswa dapat menentukan bentuk cakar sesuai fungsinya 1.1. 1.2. 1.3. Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan (kelelawar, cicak, bebek) dan lingkungan hidupnya
1.4. Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki tumbuhan (kaktus, tumbuhan pemakan serangga) dengan lingkungan hidupnya VI/1
3 Mengidentifikasi bagian-bagian tubuh manusia/ tumbuhan Siswa dapat menentukan bagian kerangka manusia berdasarkan gambar 1.1 1.2 1.3 Mendeskripsikan hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya
IV/1
Menjelaskan proses dan fungsi pada alat indra, pernapasan, pencernaan dan peredaran darah pada manusia Disajikan gambar alat indra, siswa dapat menentukan fungsi bagian alat indra yang ditandai 1.5. 1.6. 1.7. Mendeskripsikan hubungan antara struktur panca indera dengan fungsinya
IV/1
Siswa dapat menjelaskan proses yang terjadi pada salah satu bagian alat pernafasan 1.1 1.2 1.3 Mengidentifikasi fungsi organ pernapasan manusia
V/1
Disajikan gambar alat pencernaan manusia, siswa dapat menentukan
fungsi zat yang dihasilkan pada bagian yang ditandai untuk proses
pencernaan
1.3 Mengidentifikasi fungsi organ pencernaan manusia dan hubungannya dengan makanan dan kesehatan
V/1
Siswa dapat menentukan urutan aliran darah pada salah satu sistem Peredar-an darah manusia berdasarkan gambar 1.4 Mengidentifikasi organ peredaran darah manusia
V/1
Menjelaskan fungsi organ pada manusia Siswa dapat menjelaskan fungsi organ pada tumbuhan 2.1 Mengidentifikasi cara tumbuhan hijau membuat makanan V/1
Menjelaskan manfaat zat makanan bagi kesehatan tubuh manusia Siswa dapat menjelaskan manfaat zat makanan tertentu bagi kesehatan
tubuh manusia 2.2 Mendeskripsikan ketergantungan manusia dan hewan pada tumbuhan hijau sebagai sumber makanan V/1
Mengidentifikasi jenis-jenis penyakit pada manusia dan cara pencegahannya Siswa dapat menjelaskan gejala/cara pencegahan salah satu jenis penyakit pada manusia 1.4. Menerapkan cara memelihara kesehatan panca indera
1.5 Mengidentifikasi gangguan pada organ peredaran darah IV/1

V/1
4 Menjelaskan berbagai jenis perubahan wujud benda Siswa dapat menyebutkan contoh benda yang dapat mengalami perubahan wujud tertentu (mencair, membeku, menguap, mengembun,
menyublim) 6.1 Mengidentifikasi wujud benda padat, cair, dan gas memiliki sifat tertentu
6.2 Mendeskripsikan terjadinya perubahan wujud cair padat  cair; cair  gas  cair; padat  gas IV/1
Menjelaskan kegunaan/ manfaat perubahan wujud benda dalam kehidupan Siswa dapat menjelaskan contoh pemanfaatan perubahan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari (mencair, membeku, menguap, mengembun, menyublim) 6.3 Menjelaskan hubungan antara sifat bahan dengan kegunaannya IV/1
Menjelaskan pengaruh perubahan suhu terhadap benda dalam kehidupan sehari-hari (pemuaian, pembakaran, pengeringan dll) Disajikan ilustrasi tentang suatu kegiatan, siswa dapat menjelaskan
pengaruh suhu terhadap kegiatan tersebut 5.1. 5.2. 5.3. Membandingkan sifat kemampuan menghantarkan panas dari berbagai benda.
5.4. Menjelaskan alasan pemilihan benda dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan kemampuan menghantarkan panas VI/1
Mengidentifikasi macam-macam perpindahan kalor Siswa dapat menjelaskan jenis per-pindahan kalor yang terjadi pada
suatu kegiatan/ peristiwa 5.1. 5.2. 5.3. Membandingkan sifat kemampuan menghantarkan panas dari berbagai benda.
VI/1
Menjelaskan konduktor dan isolator panas Disajikan gambar suatu alat, siswa dapat menentukan bagian alat yang
termasuk konduktor/isolator 6.2. Mengidentifikasi faktor-faktor yang menentukan pemilihan benda/bahan untuk tujuan tertentu (karet, logam, kayu, plastik) dalam kehidupan sehari-hari VI/1
5 Mengidentifikasi bentuk/ perubahan/manfaat /pengaruh energi dalam kehidupan sehari-hari Disajikan gambar alat/pernyataan yang berkaitan dengan energi, siswa
dapat mengidentifikasi bentuk energi yang digunakan/dihasilkan 8.1. Mendeskripsikan energi panas dan bunyi yang terdapat di lingkungan sekitar serta sifat-sifatnya
IV/2
Disajikan gambar percobaan/ pernyataan yang berkaitan dengan
cahaya, siswa dapat menyebutkan sifat cahaya dari gambar/pernyataan tersebut 6.1 Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya
6.2 Membuat suatu karya/model, misalnya periskop atau lensa dari bahan sederhana dengan menerapkan sifat-sifat cahaya V/2

Menjelaskan macam-macam energi alternatif Siswa dapat menyebutkan contoh-contoh energi alternatif 8.2 Menjelaskan berbagai energi alternatif dan cara penggunaannya IV/2
Menjelaskan macam-macam sumber energi yang dapat diperbarui dan yang tidak dapat diperbarui Disajikan macam-macam sumber energi, siswa dapat mengelompokkan sumber energi yang dapat diperbarui dan yang tidak 8.1. Mendeskripsikan energi panas dan bunyi yang terdapat di lingkungan sekitar serta sifat-sifatnya
8.1. Mengidentifikasi kegunaan energi listrik dan berpartisipasi dalam penghematannya dalam kehidupan sehari-hari IV/2


VI/2
Mengidentifikasi bentuk/ perubahan/manfaat/perubahan gaya dalam kehidupan sehari-hari Disajikan gambar kegiatan tertentu, siswa dapat menentukan jenis gaya yang dimanfaatkan 5.1 5.2 5.3 Mendeskripsikan hubungan antara gaya, gerak dan energi melalui percobaan (gaya gravitasi, gaya gesek, gaya magnet) V/2
Disajikan gambar salah satu pesawat sederhana, siswa dapat menentukan tenaga terbesar/terkecil pada kegiatan tersebut 5.4 5.5 5.6 Menjelaskan pesawat sederhana yang dapat membuat pekerjaan lebih mudah dan lebih cepat
V/2
Disajikan gambar/ilustrasi suatu kegiatan siswa dapat menentukan
jenis pesawat sederhana yang sesuai digunakan 5.4. 5.5. 5.6. Menjelaskan pesawat sederhana yang dapat membuat pekerjaan lebih mudah dan lebih cepat
V/2
Menjelaskan cara- cara/ manfaat penghematan energi bagi kehidupan sehari-hari Disajikan suatu kasus, siswa dapat menjelaskan cara-cara/manfaat peng-hematan energi tertentu 8.1. Mengidentifikasi kegunaan energi listrik dan berpartisipasi dalam penghematannya dalam kehidupan sehari-hari VI/2
6 Menjelaskan berbagai jenis/ kegunaan/pelestarian sumber daya alam Disajikan pernyataan tentang pe-manfaatan salah satu jenis sumber daya alam, siswa dapat menentukan jenis sumber daya alam yang digunakan 7.6 Mengidentifikasi peristiwa alam yang terjadi di Indonesia dan dampaknya bagi makhluk hidup dan lingkungan
7.7 Mengidentifikasi beberapa kegiatan manusia yang dapat mengubah permukaan bumi (pertanian, perkotaan, dsb) V/2
Siswa dapat menyebutkan salah satu kegiatan yang dapat merusak
kelestarian sumber daya alam 7.6 Mengidentifikasi peristiwa alam yang terjadi di Indonesia dan dampaknya bagi makhluk hidup dan lingkungan V/2
Disajikan suatu kasus, siswa dapat menentukan cara melestarikan sumber daya alam tersebut 7.7 Mengidentifikasi beberapa kegiatan manusia yang dapat mengubah permukaan bumi (pertanian, perkotaan, dsb) V/2
Menjelaskan berbagai macam/ dampak gejala alam Disajikan suatu peristiwa/gejala alam, siswa dapat menjelaskan dampak yang ditimbulkan 7.6 Mengidentifikasi peristiwa alam yang terjadi di Indonesia dan dampaknya bagi makhluk hidup dan lingkungan V/2
7 Mengidentifikasi susunan tata surya Menentukan urutan tata letak/ciri-ciri planet dalam tata surya 9.1 Mendeskripsikan sistem tata surya dan posisi penyusun tata surya VI/2
Menjelaskan akibat gerakan bumi/bulan Menjelaskan akibat gerakan bumi/ bulan terhadap kehidupan di bumi 9.2 Mendeskripsikan peristiwa rotasi bumi, revolusi bumi dan revolusi bulan VI/2
Menjelaskan akibat/manfaat gerakan bumi/bulan Menentukan gambar saat terjadi gerhana matahari/bulan 9.3 Menjelaskan terjadinya gerhana bulan dan gerhana matahari VI/2
Menentukan jumlah hari berdasarkan penanggalan Masehi/Komariah 9.4 Menjelaskan perhitungan kalender Masehi dan kalender Hijriah VI/2
Bonus
Hasil Ujian Nasional akan Diintegrasikan dengan SNMPTN

Jakarta, Jumat (6 November 2009) -- Hasil Ujian Nasional (UN) akan diintegrasikan dengan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Program yang telah diwacanakan sejak 2008 ini rencananya akan mulai diterapkan pada 2012 dengan catatan bahwa hasil UN kredibel.

Hal tersebut disampaikan Ketua Umum SNMPTN Haris Supratno pada saat memberikan keterangan pers pada paparan Program 100 Hari Kerja Depdiknas di Depdiknas, Jakarta, Jumat (6/11/2009).

"Untuk mencapai tahun 2012 maka tahun 2009 ini para rektor PTN seluruh Indonesia sudah dilibatkan dalam penanganan UN," kata Haris.

Haris mengatakan, para rektor dilibatkan dalam hal pengawasan penyelenggaraan UN mulai dari proses pencetakan naskah sampai pada pendistribusian ke satua pendidikan, pemindaian lembar jawaban ujian, dan pengawasan di setiap satuan pendidikan. "Setelah perguruan tinggi terlibat meskipun pengawasannya juga tidak begitu fungsional, tetapi kita sudah menemukan hasil yang cukup signifikan," katanya.

Haris menyampaikan, para rektor sudah sepakat ikut berperan dalam proses penyusunan soal, pelaksanaan, maupun evaluasinya. "Jadi kalau perguruan tinggi sudah dilibatkan berarti itu juga hasil kerja bersama. Tentunya nanti tidak ada alasan kita menolak. Harapannya tahun 2010 ini hasil UN khususnya untuk SMA sudah kredibel. Kalau sudah kredibel tentunya tidak ada alasan kenapa harus tahun 2012," katanya.

Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Mohammad Nuh menyebutkan, kredibilitas UN ditentukan tiga hal utama yakni, substansi soal yang diujikan, kualitas pelaksanaan, dan evaluasi. "Meskipun soalnya sudah bagus, pelaksanaannya sangat rapi, tetapi kalau model evaluasinya tidak ada yang jamin ya sama saja. Tiga ini yang menjadi concern Diknas di dalam UN," katanya.***

Sumber: Pers Depdiknas
diunduh dari: www.depdiknas.go.id